Translate

Kamis, 04 Desember 2014

IT (mendesain benda secara sederhana dengan paint (32))

     mendesain benda dengan aplikasi apa adanya ( aplikasi yang sederhana )

                                                                                desain meja guru secara kasarnya
      mungkin sedikit janggal jika aplikasi seperti pant bisa digunakan untuk mendesain padahal aplikasi ini jelas2 sulit digunakan untuk mendesain sebuah benda. aplikasi ini diperuntukan untuk mewarnai saja. dan tidak diperuntukan untuk mendesain benda. syarat agar nyaman dan mudah menggunakan aplikasi ini adalah dengan membeli hardware yang bagus dan optimal seperti mouse yang optimal dan nyaman ketika digunakan agar dengan mudah bisa memberi garis yang pas dan sudut yang pas. yang ke 2 yaitu harus harus bisa/lancar pengurangan dan penambahan secara cepat. karena ketika menentukan jarak dari garis 1 dan lainya menggunakan satuan pixel bukan satuan satuan biasa, sehingga angkanya pun bersekitar 400 sampai dengan 1000 pixel. kalau salah bisa2 barang yang di desain tidak memiliki titik seimbang. ke 3 mata harus jeli dan teliti karena satuan pixel sangat kecil( bersekitar 0,0001  mm s/d 0,01 mm) tergantung layar yang digunakan. dan ini hanya untuk benmda yang bergaris lurus. terakhir gunakanlah logikamu.
     kalau semua persiapan sudah siap marilah lihat tahap pembuatanya.

1. ketika lembaran di layar masih kosong seperti ini cobalah untuk memasukan diagram cartesius dengan cara : klik view lalu klik gridllines sehingga hasilnya seperti di bawah ini.

2. mulailah menggambar dengan tenang dan teliti karena alat bantu ini mengunakan satuan pixel. gambarlah balok kalau anda mau membuat desain benda yang berbentuk balok kalau bola/ lengkingan akan sangat sulit.
 3. bagi anda yang mau mendesain meja cobalah hapus garis bawahnya dan jangan lupa untuk menghitung kemiringanya secara manual. perhatikan panjang dan lebar yang membentuk diagonalnya karena akan digunakan untuyk mebuat garis tambahan. lakukan dengan teliti dan hardware yang nyaman.

4 untuk mendesain lacinya gunakan lagi perbandingan yaitu dengan menghitung kembali panjang garis yang akan di ukur. dan  koordinatnya. dengan satuan piksel. ketika di posisi ini cobalah untuk mengambil gambar dan menyimpanya karena gambar tadi dapat di jadikan perbandingan ( pixel : cm gambar). contohnya meja diatas memiliki perbandingan (300 pixel long : 100 cm ) dilijhat dari salah satu panjang kakinya/ lebarnya.
5. setelah selesai dengan koordinat dan garis cobalah kembali kan posisi lembaran ke semula dengan klik view lalu klik gridllines. dan beri warna sehingga hasilnya seperti gambar di atas tadi. hasilnya berupa desain kasar yang memiliki perbandingan yang jelas dan perhitungan yang terperinci. walaupun hasil gambarnya kasar dilihat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar